Perbedaan Jaringan LAN dan Internet

Perbedaan Jaringan LAN dan Internet – Apa perbedaan jaringan LAN dan jaringan Internet? Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara jaringan LAN dan Internet, dan artikel ini juga akan menjelaskan persamaan jaringan LAN dan Internet.

Perbedaan Jaringan LAN dan Internet

Jaringan LAN adalah jaringan pribadi yang menghubungkan komputer di satu lokasi, seperti di sekolah, kampus atau kantor. Membangun sebuah jaringan LAN dapat memungkinkan anda dapat berbagi file, berbagi perangkat lunak dan perangkat keras seperti printer dan mesin fax antara sesama pengguna LAN.
Berbeda dengan LAN, Internet lebih luas dan bersifat publik global, Wide Area Network (WAN) yang menghubungkan jutaan jaringan kecil dengan lebih dari satu miliar komputer yang terhubung pada waktu tertentu. Baca juga: Pengertian LAN MAN WAN dan PAN
Perbedaan paling mendasar antara jaringan LAN dan Internet adalah sifat nya LAN pribadi dan lokal, sementara Internet sifatnya umum mencakup seluruh dunia.

Jaringan LAN ini dapat membuat anda berbagi file dan sumber daya dengan menghubungkan komputer bersama melalui perangkat pusat yang dikenal dengan router. Router bertindak sebagai perantara, mengarahkan lalu lintas data pada jaringan LAN. Komputer dapat dihubungkan ke router menggunakan kabel Ethernet, atau router dapat berkomunikasi secara nirkabel menggunakan gelombang radio. Baca lebih lengkap: Pengertian Router dan Fungsinya

Persamaan Jaringan LAN dan Internet

Namun, ada titik sama antara jaringan LAN dan Internet, yaitu sama-sama menggunakan router untuk rute lalu lintas. Router Internet mengarahkan lalu lintas di Internet, dan LAN router mengarahkan lalu lintas pada LAN.
Mengekspos LAN ke Internet membuat risiko keamanan. Bisa saja salahsatu pengguna LAN tanpa sadar men-download file yang mengandung virus, Trojan, spybots, keyloggers atau program berbahaya lainnya. Setelah satu komputer pada LAN menjadi terinfeksi, infeksi dapat melakukan perjalanan dengan cepat seluruh seluruh computer yang mengakses jaringan LAN.

Karena LAN sering digunakan sebagai pintu gerbang ke Internet, maka sangat wajar apabila orang beranggapan bahwa LAN dan Internet sebagai sinonim. LAN tidak memerlukan akses Internet. namun, dan tujuannya sendiri dapat mentransfer file dengan mudah antara komputer yang jaraknya berdekatan dengan satu sama lain atau untuk berbagi printer, mesin fax atau hardware lainnya.

Akses internet juga adalah salahsatu pilihan yang dapat dimasukkan ke dalam LAN. Modem pusat terhubung atau diintegrasikan ke dalam router dan menyediakan pintu gerbang antara LAN dan Internet.

Firewall biasanya hadir di pintu gerbang untuk bertindak sebagai katup satu-arah, firewall menjaga lalu lintas yang tidak diinginkan dari jaringan LAN. Firewall hanya mengijinkan data yang telah khusus meminta dari komputer pada jaringan LAN.

Terkadang sebuah LAN bisa menjadi sebuah setup untuk tujuan tunggal memberikan akses ke Internet. Hal ini berguna untuk internet di rumah yang memiliki dua atau lebih komputer tetapi hanya ingin berbagi account Internet dan tidak lebih.

Terimakasih sudah membaca artikel perbedaan jaringan LAN dan Internet. Jika ada pertanyaan terkait perbedaan jaringan LAN dan Internet, silahkan berkomentar pada kotak komentar dibawah ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!