Cara Membuat, Membuka, Menyimpan dan Menutup Dokumen Pada Microsoft 2003 Untuk SMP Kelas 8

Cara Membuat, Membuka dan Menutup Dokumen Pada Microsoft 2003 Untuk SMP Kelas 8 – Apakah diantara teman kalian ada yang masih belum tahu cara menggunakan menu dan ikon pokok pada Microsoft Word 2003? Nah kalian dapat menjadi pembimbing bagi teman kalian dalam memahami cara menggunakan menu dan ikon pokok pada Microsoft Word 2003.

Hal ini tentunya kalian harus terlebih mengerti dan memahami tentang cara menggunakan menu dan ikon pokok pada Microsoft Word 2003 yang dijelaskan berikut ini.

Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel kita sebelumnya yang berjudul “Materi TIK kelas 8 semester 1 dan 2“. Dan pada artikel ini kalian akan memahami lebih dari 42 hal dari mulai cara membuat documen sampai belajar cara membuat tabel di Microsoft Word 2003 yang harus kalian praktekan sekarang juga!

Cara Membuat, Membuka, Menyimpan dan Menutup Dokumen Pada Microsoft 2003 Untuk SMP Kelas 8

1. Cara Membuat Dokumen Baru
Untuk membuat dokumen baru, kalian bisa mengerjakan salah satu cara berikut ini.
a. Klik menu File lalu klik New.
b. Klik ikon New pada Toolbar Standard.

Setelah cara tersebut dikerjakan, maka dokumen baru akan segera dibuat.

2. Cara Membuka Dokumen
Jika kalian sebelumnya telah menyimpan dokumen Microsoft Word, kalian dapat membukanya kembali dengan melakukan salah satu cara berikut.
a. Klik menu File lalu klik Open
b. Klik ikon Open pada Toolbar Standard.

Setelah itu akan muncul dialog untuk menentukan dokumen mana yang akan dibuka. Cari dokumen yang akan dibuka pada kotak Look In. Klik dokumen yang akan dibuka, lalu tekan tombol open.
Perhatikan gambar di bawah ini.

Maka dokumen Microsoft Word yang sebelumnya telah tersimpan akan dibuka.

3. Cara Menutup Dokumen
Jika kalian telah selesai mengetik dan ingin menutup dokumen Microsoft Word, kalian dapat menutupnya dengan mengerjakan salah satu cara di bawah ini.
a. Klik menu File lalu klik Close.
b. Klik tombol di di pojok kanan atas dokumen

4. Cara Menyimpan Dokumen
Setiap kalian selesai mengerjakan suatu pekerjaan, kalian harus menyimpannya dengan mengerjakan salah satu cara berikut ini.
a. Klik menu File lalu klik Save.
b. Klik ikon Save pada Toolbar Standard.

Jika kalian baru pertama kali menyimpan dokumen, ketika kalian mengerjakan salah satu cara di atas, akan muncul dialog seperti gambar di bawah ini.

Ketikan nama dokumen yang akan kalian simpan pada kotak isian File Name, lalu tentukan tempat kalian akan menyimpan data tersebut dengan cara mengklik tanda panah yang berada pada bagian Save in, setelah itu tekanlah tombol Save. Jika kalian ingin menyimpan dokumen dengan nama atau tempat lain kalian dapat melakukannya dengan cara mengklik menu File lalu pilih Save As.

Itulah Cara Membuat, Membuka, Menyimpan dan Menutup Dokumen Pada Microsoft 2003 Untuk SMP Kelas 8. Dikarenakan pembahasan kita belum selesai dan masing panjang, maka saya akan membaginya dalam beberapa  artikel. Tunggu artikel selanjutnya. 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!