Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word 2003 untuk SMP Kelas 8

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word 2003 untuk SMP Kelas 8 – Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara mudah untuk mengatur ukuran kertas di Ms Word 2003 untuk kelas 8. Dan artikel ini juga adalah kelanjutan dari artikel yang berjudul “Materi TIK Kelas 8 Semester 1 dan 2“. Mengatur ukuran kertas meliputi pengaturan batas kertas, arah kertas (orientation), scope, dan ukuran kertas.

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word 2003 untuk SMP Kelas 8

Berikut ini adalah cara pengaturan kertas yang harus kalian praktekan sekarang juga.
a. Klik menu File.
b. Lalu klik Page Setup, maka akan muncul dialog Page Setup.

Ada beberapa pengaturan yang harus kalian lakukan, Antara lain adalah.
1) Mengatur batas kertas
Batas kertas diukur dari tepi kertas sampai pada bidang pencetakan. Batas kertas terdiri dari batas kiri (Left Margin), batas atas (Top Margin), batas bawah (Bottom Margin), dan terakhir batas kanan (Right Margin).

Untuk mengatur batas kertas, isi angka Left, Top, Bottom, dan Right Margin. Caranya sangat mudah klik tab Margin (bila belum aktif) pada dialog Page Setup. Pada bagian Margin, klik 2x pada angka yang akan diganti, lalu ketiklah angka yang kalian inginkan. Cara lain adalah dengan mengklik tanda panah bawah atau panah atas sampai menuju angka yang kalian inginkan.

2) Mengatur orientasi kertas
Orientasi (orientation) yaitu pengaturan arah kertas. Kertas yang akan kalian tulisi bisa berarah tegak (portrait) atau berarah datar (landscape). Untuk mengatur orientasi kertas, klik gambar portrait atau landscape di bagian orientation pada dialog page setup.

3) Memilih ukuran kertas
Ada bermacam-macam ukuran kertas yang bisa kalian pilih. Untuk memilih ukuran kertas, klik tab paper pada dialog Page Setup. Lalu pada bagian paper size kalian klik tanda panah, lalu pilihlah ukuran kertas yang diinginkan.

4) Scope pengaturan kertas
Pengaturan kertas yang kalian lakukan bisa diberlakukan untuk semua halaman (Whole Document) atau hanya satu halaman saja (This Point Forward) yaitu halaman dimana posisi kursor/pointer aktif. Untuk mengatur Scope, klik tanda panah pada kotak Apply to pada bagian Preview lalu pilihlah scope-nya. Jika kalian telah selesai mengatur ukuran kertas, klik tombol OK untuk memproses. Atau tekan tombol Cancel untuk membatalkan.

6. Menggunakan Print Preview
Print Preview digunakan untuk melihat tampilan hasil pencetakan dokumen sebelum dilakukan pencetakan sesungguh- nya. Untuk menjalankannya kalian bisa memilih salah satu cara berikut ini.
a. Klik menu File lalu klik Print Preview.
b. Klik ikon Print Preview pada Toolbar Standard.

Itulah Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word 2003 untuk SMP Kelas 8. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!