Perbedaan DDR2 dan DDR3

Perbedaan DDR2 dan DDR3 – Jika anda pernah membuka kasing komputer tentu anda akan menemukan memori yang dinamakan DDR2 atau DDR3. Sepintas kedua jenis memori ini terlihat sama. Namun, jangan salah. ternyata DDR2 dan DDR3 adalah berbeda. Lalu apa perbedaan DDR2 dan DDR? Artikel ini akan menjelaskan dengan gamblang tentang perbedaan DDR2 dan DDR3.

DDR3 adalah memori yang diharapkan bisa menggantikan modul memori DDR2 yang kita gunakan saat ini. Melanjutkan tren DDR2 yang dimulai dengan bus sistem berjalan dua kali lebih cepat dari clock memori. Namun dengan hadirnya DDR3, bus sistem berjalan empat kali lebih cepat dibandingkan dengan bus memori. Ini berarti dengan teknologi memori saat ini, sistem yang menggunakan modul memori DDR3 dapat mencapai kecepatan bus yang dua kali lebih cepat dari sistem yang menggunakan modul memori DDR2.

Modul DDR3 mencapai tingkat kinerja lebih tinggi ini karena menggunakan daya yang jauh lebih sedikit daripada modul DDR2. DDR3 adalah fitur yang sangat diharapkan dalam platform mobile seperti laptop atau netbook dimana energi selalu kekurangan pasokan. Modul DDR3 juga memiliki latensi yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan DDR2 meskipun mereka diperkirakan memiliki latency yang sama.

Meskipun DDR3 telah ada sejak lama, namun belum sepenuhnya mampu menggantikan DDR2 sebagai memori utama. Faktor pendukung untuk ini adalah kurangnya kompatibilitas. Modul DDR3 tidak akan masuk ke slot DDR2 meskipun memiliki pin yang sama. Memaksa DDR2 dan DDR3 bersama-sama akan mengakibatkan kerusakan. Jika kita meng-Upgrade ke DDR3 pasti anda harus mengganti motherboard dan mungkin bahkan prosesor Anda yang bisa menghabiskan banyak uang. Baca juga: Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Belum lagi modul DDR3 juga menghabiskan biaya lebih dari modul DDR2. Bahkan jika ada beberapa penghalang untuk adaptasi penuh DDR3, itu sudah digunakan di beberapa perangkat seperti kartu video yang sangat menguntungkan dari bandwidth yang lebih besar.

Masa depan DDR3 masih belum jelas. Saya sendiri tidak tahu apakah DD3 akan tetap bisa menggantikan DDR2 atau hanya digantikan oleh standar . Dan itu masih dalam tahap perdebatan oleh sebagian kalangan pecinta computer Bahkan sekarang DDR4 sudah hadir dan dalam masa perkembangan.

Ringkasan:
1. Clock memori DDR2 berjalan pada setengah jam sistem sementara clock DDR3 berjalan pada kecepatan seperempat clock sistem
2. DDR3 memiliki bandwidth maksimum yang lebih tinggi dibandingkan DDR2
3. DDR3 mengkonsumsi daya lebih kecil dari DDR2
4. Modul DDR3 memiliki latency yang sedikit lebih rendah daripada DDR2
5. DDR3 tidak kompatibel dengan DDR2
6. Biaya DDR3 lebih dari DDR2

Itulah perbedaan DDR2 dan DDR3 yang bisa saya tulis pada kesempatan ini, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar!

Tags:, ,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!