Perbedaan File PDF dan JPEG

Perbedaan File PDF dan JPEG – Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada banyak format atau ekstensi file yang kita buat dan kita simpan di komputer. Ekstensi ini sesuai dengan aplikasi yang bisa membaca dan membuka file tersebut.

Ada banyak jenis file, beberapa di antaranya spesifik untuk jenis file yang ada. Misalnya, .doc atau .docx adalah file kata Microsoft sedangkan a .ppt adalah file Microsoft PowerPoint.

Ekstensi inilah yang memungkinkan aplikasi yang tepat dijalankan saat kita mengklik dua kali pada file tersebut untuk membukanya.

Nah, Pada artikel ini kita akan membedakan dua format yang sering kita jumpai yaitu format PDF dan JPEG. Sebelum membahas lebih dalam tentang perbedaan file PDF dan JPEG, saya akan ingatkan kembali jangan lupa like dan share artikel ini. Yuk kita bangun blog ini untuk memberikan manfaat kepada semua orang.

Pengertian PDF

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format adalah format yang digunakan untuk menyajikan berbagai jenis dokumen dengan cara yang mudah dibaca. File PDF memiliki kelebihan yang khas yaitu mampu merangkum deskripsi lengkap dari dokumen dengan tata letak tetap termasuk teks, grafik, font serta informasi lainnya yang dibutuhkan untuk tampilan isi file.

Baca juga: Cara memperkecil ukuran file Pdf

Aplikasi yang banyak digunakan pada komputer dan smartphone untuk membuka file PDF adalah Adobe Reader.

Kelebihna lain dari File PDF adalah dapat digunakan sebagai alternatif untuk berbagai jenis data; Untuk menyimpan dokumen seperti di Microsoft Word, slide seperti pada PowerPoint, gambar seperti pada JPEG dan sebagainya.

Pengertian JPEG
JPEG adalah metode yang sangat umum digunakan untuk memampatkan gambar digital yang dikenal sebagai kompresi lossy. Simbol file JPEG adalah .jpg atau .jpeg. JPEG ini digunakan untuk mengompresi gambar yang diproduksi oleh fotografi digital. Kompresinya bisa bermacam-macam. Dua pilihan utama yang perlu diatasi untuk kompresi adalah ukuran file dan kualitas gambar yang berbanding lurus.

JPEG umumnya merupakan file gambar grafis sedangkan PDF adalah file dokumen. Inilah perbedaan utama antara kedua format tersebut. PDF dan JPEG umumnya digunakan untuk tujuan yang berbeda.

Perbedaan lainnya adalah berkenaan dengan penyalinan teks. PDF memungkinkan Anda menyalin teks yang dipilih dari file sedangkan JPEG tidak memungkinkan Anda menyalin teks yang dipilih dari file meskipun seluruh gambar dapat disalin sebagaimana adanya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kedua format tersebut dapat dikonversi satu sama lain. Konversi JPEG ke PDF akan melindungi tata letak gambar sedangkan konversi ke arah lain menghasilkan gambar dokumen yang dikompres.

Ringkasan
PDF atau Portable Document Format adalah format yang digunakan untuk menyajikan berbagai jenis dokumen dengan cara yang mudah dibaca atau dapat dilihat; JPEG-metode yang sangat umum digunakan, memampatkan gambar digital dalam apa yang dikenal dengan kompresi lossy.

JPEG umumnya merupakan file gambar grafis sedangkan PDF adalah file dokumen.

Gambar JPEG dari dokumen tertentu berukuran lebih kecil dari pada dokumen yang sama seperti file PDF hanya karena JPEG adalah metode kompresi.

File PDF menyimpan tata letak dokumen asli namun juga membiarkan bagian dokumen yang berbeda terbuka untuk diedit; JPEG, bagaimanapun, memampatkan berbagai komponen gambar atau dokumen menjadi satu file tunggal yang tidak dapat dipisahkan ke komponen aslinya.

PDF memungkinkan Anda menyalin teks yang dipilih dari file sedangkan JPEG tidak memungkinkan Anda menyalin teks yang dipilih.

Nah itulah perbedaan file PDF dan JPEG yang bisa saya tulis pada kesempatan ini. Silahkan like dan share jika menurut anda ini sangat bermanfaat.

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!