Pengertian PDF dan Fungsinya

Pengertian PDF dan Fungsinya – FDP adalah singkatan dari portable document format. PDF adalah format file yang yang memungkinkan anda untuk membuat dokumen elektronik baik dari pengolah kata atau perangkat lunak media cetak. Sebagai bonus, dokumen file pdf yang anda miliki atau yang anda baca bisa dibagikan (share) dengan orang lain terlepas dari software pengolah kata yang mereka gunakan.

Dibawah ini adalah beberapa informasi penting tentang bagaimana file PDF dibuat.

File PDF dikembangkan oleh Adobe Systems pada tahun 1993 dan berfungsi untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Karena ada pada ketanyaannya ada beberapa perangkat lunak pengolah kata yang digunakan yang tidak kompatibel satu sama lain.

Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, garfik dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3 Dimensi, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen 3 dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

Dengan suite Adobe® yang lengkap, memungkinkan anda untuk membuat dokumen menggunakan perangkat lunak Adobe® dengan tingkat kemudahan yang sama seperti program pengolah kata lainnya. File yang disimpan dapat dibagi dengan orang lain, mereka hanya perlu mendownload Adobe® Reader® secara gratis untuk membuka dan membaca file.

Salah satu keuntungan menggunakan file PDF adalah file tersebut dapat dikunci dan tidak dapat disunting oleh orang lain, meskipun mereka memiliki perangkat lunak Acrobat®. Dan dampak dari keamanan tersebut adalah meningkatkanya penggunaan PDF untuk aplikasi seperti buletin elektronik, kontrak, manuskrip buku dan laporan keuangan.

Karena dokumennya aman, pembuat dokumen mempertahankan tingkat kontrol yang tinggi, bahkan saat dokumen tersebut telah didistribusikan secara luas. Selain sering digunakan di dunia bisnis, PDF juga sering digunakan untuk membuat buku elektronik (digital) untuk dijual, majalah online, dan brosur elektronik untuk organisasi nirlaba.

Baca juga: Pengertian buku digital

Saat ini, ada beberapa produk yang dapat mengonversi spreadsheet, dokumen teks, dan hampir semua bentuk perangkat lunak penulisan elektronik menjadi file PDF. Umumnya, produk ini mungkin difokuskan untuk mengubah jenis file lainnya ke format PDF. Sementara banyak dari produk ini nampaknya bekerja dengan baik, hanya sedikit dari mereka yang bisa bersaing dengan fitur Acrobat.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!