Cara Mempercepat Booting Windows 10

Cara Mempercepat Booting Windows 10 – Windows 10 menawarkan manajer aplikasi startup yang praktis yang bisa digunakan oleh pengguna Windows. Manajer aplikasi ini terintegrasi ke dalam sistem operasi dan mudah dimengerti bahkan mampu memberitahukan beberapa program yang memperlambat startup windows 10.

Windows 10 membutuhkan waktu booting lebih lambat dari pada windows versi sebelumnya dan waktu booting ini semakin lama akan semakin melambat ketika anda menginstal software atau program dalam jumlah yang banyak. Itu disebabkan karena software tersebut menambahkan dirinya kepada proses startup dan secara otomatis akan berjalan setiap kali windows 10 melakukan booting.

Baca juga: Pengertian Booting pada Komputer dan Contohnya

Artikel ini akan membahas cara mempercepat booting windows 10. Sebelum membahas lebih dalam, saya ingatkan kepada anda “jangan lupa like dan share artikel ini”. Yuk kita bangun blog ini agar memberikan manfaat kepada orang lain. Jika bukan karena anda, blog ini akan mati. 😀

Cara Mempercepat Booting Windows 10

1. Akses Manajer Startup Windows 10
Anda akan menemukan fitur startup di Task Manager. Untuk membukanya, silahkan klik kanan taskbar dan pilih Task Manager.

Anda juga bisa menekan Ctrl + Shift + Escape untuk membuka Task Manager secara langsung, atau tekan Ctrl + Alt + Delete dan klik Task Manager.

Baca juga: 6 Cara Membuka Task Manager di Semua Versi Windows

Task Manager biasanya hanya menampilkan daftar program terbuka, jadi Anda harus mengklik “More details” setelah membukanya.

Klik tab Startup setelah mengakses antarmuka penuh Task Manager.

2. Nonaktifkan Startup Programs di Windows 10
Manajer program startup harus lebih mudah dipahami daripada manajer program startup lainnya. Anda akan melihat nama program beserta ikon aplikasinya di sebelah kiri, dan nama penerbit program ada di sebelah kanannya.

Anda juga akan melihat “Dampak awal” setiap program startup baik Rendah, Menengah, atau Tinggi.

Silahkan matikan beberapa program atau aplikasi pada tab startup. dengan cara klik pada program yang ingin di nonaktifkan ketika startup. Lalu klik Disable. Lihat gambar dibawah ini.

cara mempercepat booting windows 10
Tab Startup

Jika Anda melihat kata “None,” itu karena program tersebut baru saja ditambahkan, dan windows belum mengamati perilaku dari program tersebut. Silahkan Reboot komputer Anda dan Anda akan melihat hasilnya.

Untuk menonaktifkan sebuah program, klik program tersebut dan klik tombol Disable atau klik kanan pada program tersebut lalu klik Disable.

Hal yang menjadi tantangan sebenarnya di sini adalah memutuskan program mana dan apa yang harus dinonaktifkan. Beberapa program sudah jelas misalnya, jika Anda menginstal Dropbox atau Google Drive, biasanya dimulai saat komputer Anda dinyalakan sehingga mereka dapat menyinkronkan file.

Anda bisa menonaktifkannya, dan program tersebut tidak akan berjalan secara secara otomatis menyinkronkan file di latar belakang. Anda bisa menonaktifkan program chat seperti Skype di sini, dan anda tidak akan login secara otomatis saat komputer anda melakukan booting.

Untuk bantuan tambahan, Anda bisa klik kanan sebuah program dan pilih “Search online.” Windows akan membuka halaman pencarian web dengan nama program dan file .exe-nya, sehingga memungkinkan Anda menentukan dengan tepat program apa dan apa yang harus di nonaktifkan. Jika kamu tidak yakin, gunakanlah “Open file location” akan menunjukkan dengan tepat file exe mana di komputer Anda dimulai saat booting.

Cara Lain Mempercepat Booting Windows 10

1. Upgrade ke solid state

Ada cara lain untuk membuat booting windows 10 Anda lebih cepat. Jika windows 10 Anda tidak memiliki drive solid-state (terutama jika Anda telah mengupgrade komputer Windows 7 yang dilengkapi dengan hard drive mekanis) upgrade Windows 10 Anda ke drive solid-state akan mempercepat booting windows 10 secara dramatis.

2.Upgrade ssdd
Manajer startup ditambahkan ke Task Manager baru di Windows 8, namun sebagian besar pengguna Windows 10 akan hadir langsung dari Windows 7. Seluruh Task Manager telah dirombak sejak Windows 7. Anda akan menemukan cara yang lebih ramping untuk melihat penggunaan sumber daya untuk menjalankan program dan keseluruhan sistem.

Nah itulah cara mempercepat booting windows 10 yang bisa saya tulis pada kesempatan ini. Silahkan like dan share jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk orang lain.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!