Cara Mengatur Lock Screen Windows 10

Cara Mengatur Lock Screen Windows 10 – Lock Screen pada Windows 8 dan 10 bukan hanya gambar latar belakang atau slideshow. Lock Screen dapat menampilkan pemberitahuan dan informasi status terperinci dari berbagai aplikasi, termasuk Anda juga bisa mengakses Cortana langsung dari layar ini.

Tapi masih banyak yang bisa Anda lakukan untuk mengatur Lock Screen di windows 10 sesuai dengan keinginan Anda. Windows 8 dan 10 sebetulnya sama, tapi pada artikel ini kita akan membahas cara mengatur lock screen windows 10. Bagi anda yang menggunakan windows 8, silahkan sesuaikan saja.

Sebelum membahas lebih dalam, saya akan ingatkan kepada anda jangan lupa like dan share artikel ini. Yuk kita bangun blog ini agar bisa memberikan manfaat kepada orang lain.

Menetapkan layat belakang di lock screen

Secara default, Windows menggunakan “Windows Spotlight” untuk latar belakang Lock Screen Anda. Layanan ini secara otomatis mendownload latar belakang Lock Screen baru secara teratur. Namun sayangnya, Microsoft juga menggunakan sorotan Windows untuk mengiklankan aplikasi dan game yang dijual di Windows Store. Jika Anda tidak ingin melihat iklan Lock Screen tersebut, silahkan nonaktifkan windows spotlight.

Jika Anda lebih suka menggunakan latar belakang custom, silahkan masuk ke Settings> Personalisasi> Lock Screen. Klik kotak “Background” dan pilih “Windows Spotlight“, “Picture“, atau “Slideshow“. Jika Anda memilih “Gambar”, Anda dapat memilih salah satu gambar yang disertakan, atau browse pada file gambar yang ada di komputer Anda. Pilih “Slideshow” dan Anda dapat memilih folder yang berisi gambar pada komputer Anda.

Cara Mengatur Lock Screen Windows 10
Cara Mengatur Lock Screen Windows 10

Pastikan juga menonaktifkan “Get fun facts, tips, and more from Windows and Cortana on your lock screen” jika Anda tidak ingin melihat iklan apa pun. Microsoft telah menggunakan “tip” ini untuk menampilkan iklan di masa lalu.

Secara default, gambar latar belakang Lock Screen yang sama ditampilkan di layar masuk yang muncul saat Anda membiarkan Lock Screen Anda. Untuk menggunakan latar belakang warna datar untuk layar masuk Anda, gulir ke bawah pada panel pengaturan Lock Screen dan nonaktifkan opsi “Show lock screen background picture on the sign in screen”.

Cara Mengatur Lock Screen Windows 10

Pilih Pemberitahuan Aplikasi Lock Screen Anda

Lock Screen memungkinkan Anda melihat informasi seperti email baru, rincian cuaca, janji temu, pesan masuk, atau pembaruan sosial bahkan tanpa membuka kunci PC Anda terlebih dulu. Windows mengizinkan satu aplikasi untuk menampilkan informasi “status terperinci (detailed status)” di Lock Screen, dan memungkinkan hingga tujuh aplikasi lain menampilkan informasi “status cepat/quick status”. Misalnya, aplikasi Weather dapat menunjukkan informasi terperinci tentang cuaca dan aplikasi Mail dapat menampilkan ikon notifikasi jika ada email baru yang menunggu Anda.

Untuk menyesuaikan aplikasi mana yang menampilkan informasi di Lock Screen (atau menyembunyikan semuanya), buka tab Pengaturan> Personalisasi> Lock Screen Pane. Gulir ke bawah dan pilih aplikasi yang ingin Anda lihat di bawah “Choose an app to show detailed status” dan “Choose apps to show quick status”. Jika Anda tidak ingin aplikasi menampilkan informasi status di Lock Screen, klik setiap ikon aplikasi di sini dan pilih “None” dalam daftar.

Cara Mengatur Lock Screen Windows 10 dan 8
Aktifkan dan Nonaktifkan Pemberitahuan Cepat

Pilih apakah Cortana tersedia dari Lock Screen

Windows 10 biasanya memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan asisten suara Cortana di Lock Screen. Untuk mengontrol apakah Cortana tersedia di Lock Screen, gulir ke bawah ke bawah panel pengaturan Lock Screen dan pilih “Cortana lock screen settings” atau buka menu Cortana dari taskbar Anda dan klik ikon Settings.

Di bawah Lock Screen, Anda dapat memilih apakah “Use Cortana even when my device is locked” diaktifkan. Ucapkan “Hei Cortana ‘dan mulailah berbicara untuk mengakses Cortana dari Lock Screen jika Anda telah mengaktifkan opsi ini.

Secara default, Cortana tersedia namun tidak dapat digunakan untuk mengakses data pribadi yang sensitif seperti acara kalender dan email Anda tanpa membukan PC Anda. Untuk melewati keamanan ini, aktifkan kotak centang “Let Cortana access my calendar, email, messages, and Power BI data when my device is locked (Biarkan Cortana mengakses kalender, email, pesan, dan data ketika saya terkunci)”. Power BI adalah layanan analisis bisnis.

Cara Mengatur Lock Screen Windows 10 dan 8

Cara Menonaktifkan Lock Screen

Windows 10 menunjukkan Lock Screen saat booting dan setiap kali Anda mengunci komputer Anda. Namun, kami menemukan cara untuk menonaktifkan Lock Screen dan hanya melihatnya saat komputer anda melakukan booting. Setiap kali Anda mengunci PC Anda, kartu ini akan langsung masuk ke layar masuk tempat Anda memasukkan kata sandi atau PIN.

Baca juga: Cara mempercepat booting windows 10

Jika Anda memiliki windows 10 edisi Enterprise atau Education, ada pengaturan kebijakan kelompok yang lebih mudah yang memungkinkan Anda menonaktifkan Lock Screen. Tapi pilihan resmi ini tidak bekerja pada edisi Windows 7 atau Home Basic atau Profesional.

Pada Windows 8, Anda bisa menonaktifkan Lock Screen dengan tweak registri. Pengaturan registri ini tidak lagi berfungsi pada versi Windows 10 yang terbaru, sayangnya, Anda harus beralih ke cara yang ada di atas.

Itulah cara mengatur lock Screen windows 10. Terimakasih sudah berkunjung. Dan jangan lupa like dan share artikel ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!